Mempelajari Tentang Efaktur Online dan Hal-hal Penting yang Terkait

Bagi Anda yang bekerja di bidang pajak atau rutin mengurus pajak, istilah efaktur online mungkin sudah tidak asing lagi. Bagi Anda yang belum terlalu familiar, Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjut terkait definisi, waktu pembuatan, dan lain-lain.


Definisi
Untuk menggali lebih dalam tentang hal ini, dapat diawali dengan mencari tahu terlebih dahulu definisi dari faktur. Dalam lingkungan perpajakan, faktur pajak dapat dikatakan sebagai sebuah bukti dari hadirnya pungutan pajak.

Faktur tersebut mencerminkan bahwa PKP atau Pengusaha Kena Pajak sudah menyelesaikan pungutan pajak sebagai suatu kewajiban. Seiring berjalannya waktu, efaktur mulai diperkenalkan dan disebarluaskan ke masyarakat luas untuk memberikan kemudahan bagi PKP.

Efaktur yang juga dikenal sebagai efaktur online adalah faktur pajak yang berwujud elektronik yang pembuatannya menggunakan aplikasi. Aplikasi atau sistem elektronik yang mengeluarkan efaktur ini telah ditentukan dan/atau disediakan oleh Ditjen Pajak atau DJP. 

Jenis-Jenis Faktur
Untuk faktur sendiri terdapat pembagian menjadi tiga jenis, yaitu faktur konsuler, faktur biasa, dan faktur proforma. Faktur konsuler dapat dikatakan sebagai sebuah faktur khusus yang diperlukan dalam pelaksanaan ekspor impor atau perdagangan luar negeri.

Faktur biasa sendiri sesuai namanya merupakan faktur umum yang diperlukan dalam berbagai jenis transaksi jual beli sehari-hari. Untuk faktur proforma ini merupakan faktur yang memiliki sifat sementara dan pemberiannya sebelum penjual memberikan barang seluruhnya. 

Fungsi Adanya Faktur
Faktur yang merupakan suatu hal yang tergolong penting ini tentunya memiliki fungsi-fungsi yang perlu Anda ketahui. Sebagai contohnya adalah bertindak sebagai informasi terkait rincian pembelian jasa atau barang oleh pihak pelanggan.

Selain itu, faktur juga dapat menjadi informasi terkait nilai tagihan dan termin pembayaran yang wajib dibayarkan oleh pihak pelanggan. Contoh fungsi lain adalah menjadi rujukan absah bagi faktur pajak dalam kasus tertentu.

Perbedaan Efaktur Host to Host, Web Based, dan Client Desktop
Ketiganya memang sama-sama diperuntukkan sebagai pembuat efaktur, tetapi terdapat beberapa perbedaan pada penggunaannya. Sebagai contoh adalah sistem operasional yang digunakan untuk membuat efaktur online memiliki cara kerja yang relatif tak sama. 

Aplikasi efaktur Host to Host (H2H) hadir untuk perusahaan dengan skala besar dan penerbitan faktur yang dilakukan jumlahnya banyak. Sedangkan aplikasi web based hadir khusus untuk melakukan pelaporan SPT Masa PPN untuk yang menggunakan efaktur client desktop. 

Selain aplikasi efaktur host to host dan web based, terdapat pula aplikasi efaktur berjenis client desktop. Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan terbanyak dipakai dan hadir untuk penerbitan efaktur yang berjumlah tidak banyak.

Kapan Dibuatnya?
Bagi Anda yang masih belum begitu tahu, mungkin penasaran tentang kapan efaktur ini perlu dibuat, bukan? Efaktur online ini dapat diterbitkan pada beberapa kondisi, contohnya adalah penyerahan BKP atau Barang Kena Pajak. 

Contoh lain adalah saat penyerahan JKP atau Jasa Kena Pajak dan ketika dilakukan pembayaran termin sebagai langkah pengerjaan. Dapat pula dibuat saat penerimaan pembayaran BKP/JKP sebelum dilakukan penyerahan BKP/JKP, dan lain-lain berdasarkan PMK.

Manfaat Hadirnya Aplikasi Efaktur
Aplikasi yang hadir tentu dapat memberikan beberapa kemudahan bagi PKP, bagi PKP pembeli maupun PKP penjual. Penjual tidak lagi perlu pergi ke KPP karena bisa memperoleh NSFP dengan cara online.

Tanda tangan basah yang biasanya dibubuhkan oleh penjual dapat diganti dengan menggunakan tanda tangan berwujud elektronik. Keuntungan lain adalah hemat kertas karena efaktur online tidak wajib untuk dicetak. 

Efaktur juga dapat melindungi PKP pembeli dari hal penyalahgunaan faktur pajak yang sifatnya tidak sah. Efaktur ini sudah hadir lengkap dengan adanya QR Code yang dapat digunakan untuk verifikasi secara mudah.

Aplikasi Efaktur Dapat Dipasang di Komputer
Untuk memudahkan berbagai kebutuhan PKP, aplikasi efaktur ini dapat Anda pada di perangkat komputer dengan spesifikasi tertentu. Proses pengunduhan, pemasangan, hingga penggunaan aplikasi ini terbilang tidak begitu rumit untuk Anda ikuti sesuai instruksi.

Demikian adalah beberapa hal yang mungkin Anda ingin ketahui terkait dengan efaktur online dan hal lain yang berkaitan.