Peluang Produk Tekstil Dalam Bisnis Ekspor Indonesia ke Thailand

Peluang ekspor Indonesia ke Thailand dalam berbagai komoditas perlu ditingkatkan, termasuk pada produksi tekstil.  Sebagaimana diketahui bahwa kebutuhan konsumsi masyarakatnya di bidang fashion, Thailand cukup tinggi dipengaruhi oleh gaya berpakaian dari Korea.


Dengan demikian, industri fashion memilliki mobilitas cukup tinggi dan mampu menjadi wadah dalam persaingan industri fashion diantara negara-negara anggota ASEAN lainnya. Melihat  peluang yang ada, maka Indonesia berencana menembus industri tekstil global melalui pasar Thailand. 

Potensi ekspor Indonesia ke Thailand pada bidang ini akan memberikan keuntungan yang menarik sebagaimana Thailand juga menjadi  salah satu destinasi turis mancanegara.  Pada riset Global  Lifestyle Monitor Survey pada 2015 menyatakan bahwa potensi perilaku dorongan belanja pakaian masyarakat Thailand menempati posisi dibawah Cina dan Jepang.  Adapun peluang pemasaran produk tekstil melalui pasar Thailand yaitu sebagai berikut. 

Letak Geografis
Letak geografis Negara Thailand dari sisi perbatasan jalur darat dan laut memiliki keuntungan tersendiri pada strategi pemasaran produknya. Dikelilingi oleh negara-negara ASEAN, Thailand memiliki potensi yang cukup kuat sebagai pusat persebaran produk tekstil. Adapun perkembangan fashion didalamnya juga selalu update dalam waktu yang cepat.

Dari peluang tersebut, Thailand memiliki daya tarik tersendiri bagi Cina, Jepang dan negara-negara lain termasuk Indonesia untuk memasarkan produk tekstil hasil produksinya.

Gaya Konsumsi Masyarakat
Gaya konsumsi masyarakat Thailand menjadi salah satu faktor pendorong ekspor Indonesia ke Thailand. Produk tekstil yang dipasarkan melalui negara Thailand tentu telah melalui riset dan minat pasar. Sebagaimana minat konsumen Thailand paling tinggi yaitu pada jenis pakaian casual. Pakaian bergaya casual tentunya dipilih dengan menyesuaikan kondisi Thailand yang beriklim tropis. 

Dengan demikian, kesamaan tersebut terhadap Indonesia yang beriklim tropis pula memberikan semangat optimis. Distribusi produk tekstil Indonesia ke Thailand dirasa menjadisalah satu upaya pemasaran yang strategis.

Prosedur Impor yang Relatif Mudah
Regulasi impor berbagai negara tentunya berbeda-beda. Pada pembahasan ini, regulasi impor di negara Thailand relatif rapi dan terstruktur. Adapun dokumen impor, perijinan hingga bea cukai memiliki aturan yang valid dan cukup mudah. 

Pembiayaan segala sesuatu dalam proses impor diselesaikan di awal pengiriman. Hal tersebut tentunya memberikan kemudahan serta menghindari adanya biaya tambahan diluar budget atau bahkan pungutan liar saat pelepasan kargo. 

Meninjau terhadap beberapa keuntungan dan peluang pada bisnis tekstil untuk ekspor Indonesia ke Thailand diatas, sepertinya cukup memberikan pandangan baik. Adapun yang dimaksud yaitu Thaiand memiliki potensi aktif dalam mendistribusikan produk hasil dari Indonesia ke kancah perdagangan internasional. 

Selain melalui ekspor Indonesia ke Thailand, potensi peningkatan kualitas produk dalam negeri juga perlu ditingkatkan untuk memberikan semangat bahwa produk dalam negeri dapat dinikmati pula oleh warganya.